Dara Julana Bisa Lulus Kuliah 3,5 Tahun Sambil Bekarja

Dara Julana | Foto UIN Ar-Raniry

DONYAPOST, Banda Aceh — Sosok Dara Julana patut menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang lain. Bagaimana tidak, kuliah sambil bekerja tak membuat Dara putus asa untuk bisa lulus dengan waktu yang singkat. Nah, Dara sudah membuktikan. Ternyata bisa.

Dara adalah mahasiswi pada Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Univeritas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry. Ia mempu lulus menjadi sarjana dalam tempo 3,5 tahun meski sambil bekerja.

Dara Julana, salah satu lulusan yang diwisuda pada Rapat Senat Terbuka Wisuda Gelombang I Tahun 2024 UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berlangsung pada Rabu (31/1/2024) di Auditorium Prof Ali Hasjmy kampus setempat. Bukan sekadar lulus, Dara meraih predikat kelulusan Pujian,

Dara tidak hanya menjalani kehidupan mahasiswa biasa. Ia juga memutuskan untuk bekerja paruh waktu sebagai penyiar, MC, dan voice over. Meskipun jadwal yang padat dan tantangan yang ada, Dara tidak menyerah. Dia melihat pekerjaan ini sebagai peluang untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang yang disukainya.

Meskipun awal perjalanan studinya terasa berat, karena Dara berlatar dari alumni SMK Keperawatan yang melanjutkan pendidikan di UIN Ar-Raniry, namun ia tidak menjadikan hal tersebut sebagai penghalang . Ia pun merakit karir baru yang lebih baik.

Prodi perkuliahan pun selaras dengan pekerjaan yang ia senangi. Ini membuat Dara dapat belajar beradaptasi dengan mudah, sebab bisa terus mengembangkan skill public speakingnya sebagai MC, Penyiar, dan Voice Over. Dara merasa selalu mendapat pelajaran baru karena perkuliahan dan pekerjaan yang disenanginya dapat berjalan sesuai jalur.

Selain bekerja sambil berkuliah, Dara juga mengikuti berbagai organisasi untuk membantunya mendapatkan pengalaman baru dan melatih kemampuannya dalam kerja sama tim. Namanya pun tercatat di Himpunan Mahasiswa Prodi KPI, Yayasan Suara Aksi Orang Muda, dan Generasi Baru Indonesia.

Sebagai mahasiswa yang bekerja dan aktif mengikuti organisasi, Dara tak terlepas dari tekanan selama ia berproses. Salah satunya jarak tempuh dari rumah ke kampus selama 40 menit seringkali menguras energi Dara ketika tiba di kampus. Tapi Dara selalu belajar untuk terbiasa dan menikmati proses itu.

Menurut Dara, manajemen waktu menjadi salah satu kunci yang ia lakukan untuk membuat dirinya lebih disiplin. Menjadi mahasiswa di UIN tentu membuat Dara tak lepas dari kebiasaan bangun paginya. Sehingga bangun pagi dapat membuat Dara mampu mengatur waktu dengan baik.

Dara memiliki keinginan besar untuk menjadi bagian dari bidang Humas. Baginya, pengembangan keterampilan, terutama dalam public speaking dan public relations, merupakan langkah penting untuk meraih impian tersebut.

Lebih lanjut, Dara mengatakan proses pencapaian yang ia lalui tidak terlepas dari doa-doa orang sekitarnya, terutama orang tua, teman-teman dan dosen yang selalu membantu dan mendoakannya, sehingga membuat Dara dapat terus berusaha dan bersemangat untuk melalui berbagai proses yang ia lalui.

“Berproses itu pasti, tapi doa-doa dari orang tua, teman-teman, dan juga dosen-dosen yang membimbing itu harus, karena dengan doa-doa dari orang tersebut membuat Dara ingin terus mencoba dan berusaha berada pada titik yang didoakan.” [miftahul jannah]

Sumber: tulisan ini karya mahasiswa magang di ar-raniry.ac.id