2.990 Peserta SNBP Lulus di USK

DONYAPOST, Banda Aceh — Sedikitnya 2.990 peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi berhasil lulus di Universitas Syiah Kuala.

Informasi ini berdasarkan hasil seleksi SNBP tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Jumlah lulusan tersebut berasal dari 22.492 jumlah peminat SNBP tahun ini di USK. Menariknya, pada tahun ini USK berada pada peringkat delapan Perguruan Tinggi Negeri dengan jumlah peserta lulus SNBP terbanyak.

Selain itu, USK juga menjadi PTN peringkat pertama dengan pelamar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang lulus SNBP terbanyak di Indonesia yaitu 1.744 peserta.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan selamat kepada seluruh peserta SNBP yang berhasil lulus di USK tersebut. Rektor menilai keberhasilan ini haruslah dimanfaatkan sebaik mungkin dengan belajar sungguh-sungguh di USK.

“Alhamdulillah, kami ucapkan selamat. Selanjutnya, gunakan kesempatan untuk studi di USK melalui jalur SNBP ini dengan sungguh-sungguh. Karena ada begitu banyak orang tidak mendapat kesempatan itu. Jadi kalian patut bersyukur dan gunakan kesempatan ini sebaik mungkin,” ucap Rektor.

Selanjutnya, Rektor mengingatkan peserta yang lulus SNBP ini untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Adapun informasi lengkap terkait tahapan seleksi ini dapat dilihat pada laman resmi USK. Atau menghubungi call center Humas USK pada nomor 0811-6752-000

Lalu bagi peserta yang tidak lulus SNBP, Rektor berpesan untuk tidak patah semangat sebab masih ada dua jalur seleksi lain untuk menempuh studi di PTN yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur Mandiri.

Oleh sebab itu Rektor mengingatkan para calon mahasiswa baru untuk memberikan perhatian serius terhadap dua jalur seleksi tersebut. Mengingat dua jalur tersebut adalah kesempatan bagi mereka untuk kuliah pada program studi di PTN pilihannya.

“Jangan patah semangat, masa depan kalian masih panjang. Masih ada dua jalur seleksi PTN lainnya yang bisa kalian ikuti yaitu SNBT dan Mandiri,” ucap Rektor.

Pada tahun ini USK telah menyediakan kuota 30% untuk jalur SNBP. Adapun untuk dua jalur lain, jumlah kuotanya adalah 35% jalur SNBT dan 35% jalur seleksi Mandiri.