Berita  

PMI Beri Penghargaan Tokoh Motivator Donor kepada Pangdam IM dan Istri

DONYAPOST, Banda Aceh — Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri memberikan piagam penghargaan kepada Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P. dan istri, Ny. Iin Novi Helmy Prasetya sebagai Tokoh Motivator Donor.

Piagam penghargaan tersebut diberikan pada Senin (26/2/2024), di sela kegiatan donor darah di Makodam Iskandar Muda.

Haeqal mengatakan, piagam penghargaan bertajuk Tokoh Motivator Donor diberikan kepada perseorangan atau individu yang dinilai aktif dalam melakukan donor darah sukarela serta berkontribusi memberi dampak positif pada lingkungan sekitarnya dengan memberi edukasi dan movitasi donor darah.

“Piagam ini diberikan karena Pangdam dan jajarannya selalu aktif terlibat dalam kegiatan donor darah sukarela. Bahkan di waktu-waktu tertentu dimana permintaan darah meningkat drastis sementara stok di PMI Banda Aceh tidak mencukupi, personil TNI sigap membantu pemenuhan permintaan darah pasien, seperti di bulan puasa,” ujar Haeqal usai menyerahkan piagam penghargaan.

Dalam kegiatan itu juga, istri Pangdam Iskandar Muda, Ny. Iin Novi Helmy Prasetya turut mendonorkan darahnya. Haeqal mengucapkan terima kasih atas semangat pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda dalam mendonorkan darah.

Darah yang didonasikan tersebut sangat bermanfaat bagi pasien di rumah sakit yang membutuhkan. “Terima kasih untuk semua pendonor di Makodam Iskandar Muda hari ini, juga masyarakat yang donor di Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh. Donasi darah ini sangat dibutuhkan pasien di rumah sakit. Setiap hari, ada sekitar 150-200 permintaan darah yang masuk ke PMI,” tutur Haeqal.

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P. mengatakan, pihaknya selama ini secara rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah untuk membantu meringankan masyarakat Aceh yang sedang membutuhkan darah. Di samping itu, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan prajurit TNI sendiri.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda, Ny. Iin Novi Helmy Prasetya mengatakan, kegiatan donor darah yang digelar hari ini di Makodam Iskandar Muda diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Persit Kartika Chandra Kirana ke-78.

Donor darah ini diikuti oleh prajurit TNI, mahasiswa Akper Kesdam, dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda. “Kegiatan ini sangat positif. (Darah) ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dan donor darah juga menjadi amal ibadah kita karena telah melakukan kegiatan positif,” ujar Ny. Iin Novi Helmy Prasetya.

Ia menjelaskan, kegiatan donor darah tersebut juga digelar menjelang Ramadan sebagai bentuk kepedulian Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda untuk pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah.

“Semoga banyak masyarakat Aceh banyak yang bisa mendonorkan darahnya juga di Bulan Ramadan sehingga ibadahnya menjadi berlipat ganda,” terangnya.

Kegiatan donor darah yang berlangsung di Makodam Iskandar Muda, Banda Aceh, hari ini berhasil mengumpulkan darah sebanyak 218 kantong.

Selain Kodam Iskandar Muda, PMI Kota Banda Aceh juga bekerja sama dengan Pemerintah Aceh, Polda Aceh, pihak swasta, dan komunitas dalam menggalang donasi darah masyarakat.