Guru Besar dan Mantan Warek UIN Ar-Raniry Berpulang

Prof DR H Gunawan Adnan | Foto via Catat.co

DONYANEWS, Banda Aceh — Innalilahi Wainnailaihi Raji’un.  Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Prof  Drs H Tgk Gunawan Adnan MA meninggal dunia. Ia juga mantan Wakil Rektor I periode 2018-2022.

Kabar duka ini beredar amat cepat di grup-grup WhatsApp. Akun Instagram UIN Ar-Raniry Banda Aceh ikut memposting informasi meninggalnya pria berumur 55 tahun itu.

“Segenap Civitas Akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh turut berdukacita sedalam dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah Prof. Dr. H. Gunawan Adnan MA,” tulis akun official kampus itu.

Kabar yang beredar menyebutkan, almarhum menghembuskan nafas terakhir di RS Harapan Bunda. Sebelumnya, almarhum mengalami batuk dan muntah darah. Kemudian Prof Gunawan dibawa ke RS Harapan Bunda Banda Aceh.

Jenazah almarhum dimakamkan di Gampong Peunyeurat, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh. Jabatan terakhir almarhum adalah sebagai anggota Panitia Seleksi Komite Independen Pemilihan (Pansel KIP) Aceh.

Prof Gunawan dikenal sebagai Profesor dalam bidang Ilmu Sosiologi. Prof Gunawan adalah pria kelahiran Tiba Mesjid, Bereunuen, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie, 16 Desember 1968 silam.

Almarhum menyandang gelar S1 pada Fakultas Tarbiyah (Ilmu Kependidikan) IAIN Ar-Raniry, Jurusan Bahasa Arab. Kemudian melanjutkan S2 di bidang Anthropology-Sociology pada Universitas Leiden, The Netherlands (Belanda) Lulus dengan predikat Magna Cumlaude.

Selanjutnya ia memperoleh gelar doktor Fakultas Filsafat dan  Bidang Sociology pada Fakultas Ethnology, Universitas Georgia Augusta, Goettingen Germany, Lulus dengan Predikat “Summa Cumlaude”.

Karya-karya tulis ilmiah yang sudah dihasilkan, di antaranya, ialah ”Religion and Poverty”(Agama dan Kemiskinan).  “Women and The Glorious Qur’an: An Analytical Study on Women-Related Verses of    Surah   An-Nisa’ ”. Disertasi doctor (tahun 2003) yang sudah dijadikan buku dan dipublikasikan di Jerman & Eropa Barat.

Almarhum selama ini dikenal sering memberikan ceramah dan terakhir ia sempat menjadi khatib, (24/03/2023) di Masjid Harun Keuchik Keumik, Lamseupung, Lueng Bata, Banda Aceh dan mengisi ceramah tarawih di masjid sama.